Apa Saja Sebenarnya Pengelompokan Dan Klasifikasi Komputer

computersoftwareceo.com

Apa Saja Sebenarnya Pengelompokan Dan Klasifikasi Komputer?

Computer software ceo – Komputer berdasarkan pengelompokannya terbagi menjadi beberapa bagian yaitu berdasarkan data yang di olah, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan skala kemampuannya. Pengelompokan komputer berdasarkan data yang diolah terbagi menjadi tiga yaitu komputer analog, komputer digital dan komputer hybrid. Komputer analog merupakan komputer yang digunakan sebagai penerima sianyal analog yang digunakan sebagai alat pengecek data berupa angka. Contoh penggunakan komputer jenis ini yaitu untuk mengukur suhu, perhitungan aliran pada spbu dan lain-lain.

computersoftwareceo.com
Apa Saja Sebenarnya Pengelompokan Dan Klasifikasi Komputer

Komputer digital merupakan komputer yang kebanyakan sudah kita kenal pada saat ini, yang digunakan dalam bentuk data digital. Komputer hybrid merupakan klasifikasi komputer yang memiliki kemampuan ganda dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk mengolah data kuantitatif ataupun data kualitatif. Berikut komputer berdasarkan penggunaannya terbagi menjadi dua bagian yaitu special purpose computer dan general purpose computer.

special purpose computer dan general purpose computer

Special purpose computer merupakan komputer yang digunakan untuk keperluan khusus. Klasifikasi komputer ini memang dirancang khusus untuk menyelesaikan masalah tertentu. Contoh dari komputer special purpose computer adalah komputer yang biasanya digunakan kasir pada indomaret, swalayan dan supermarket lain. Sedangkan general purpose computer merupakan suatu komputer yang dibuat untuk suatu keperluan umum yang biasanya digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan domino qiu qiu.

Baca juga : – Manfaat Komputer Yang Merupakan Alternatif Paling Hebat Dalam Kehidupan

Pengelompokan komputer berdasarkan skala kemampuannya terbagi menjadi tiga. Kemampuan dari komputer ini diukur dari tingkat kemampuan komputer untuk melakukan proses pelayanannya, kemampuan melaksanakan tugas dll. Komputer small scale memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil seperti komputer pribadi.  Komputer medium scale merupakan komputer dengan skala sedang yang biasanya tergolong komputer mini untuk melayani pengguna dump terminal. Sedangkan komputer large scale merupakan komputer berskala tinggi yang masuk pada kategori komputer mainframe.

Apa Saja Sebenarnya Pengelompokan Dan Klasifikasi Komputer

Terdapat 6 Klasifikasi Komputer

Setelah membahas tentang pengelompokan komputer, pembahasan yang selanjutnya yaitu mengenai pengelompokan komputer yang terbagi atas enam klasifikasi. Yang pertama yaitu microcontroller yaitu komputer dengan segala peralatan pokok dalam satu chip. Peralatan pokok ini biasanya terdiri dari pemrosesan, memori, input dan output. Seringkali microcontroller terdiri dari beberapa chip yang kemudian digabungkan menjadi satu rangkaian perangkat.

1.Microcontroller

Klasifikasi komputer ini tergolong perangkat yang sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu dengan sifat khusus. Jadi biasanya isi dari aplikasi pada komputer memiliki sifat dedicated. Dibandingkan dengan komputer lain harga komputer ini lebih murah. Karena relatif peringkat dari komputer ini relatif lebih sederhana. Contohnya yaitu adalah komputer yang biasanya ada di dalam mobil yang digunakan untuk mengukur kestabilan mesin, selain itu dapat berupa alat untuk mengatur lampu lalu lintas.

2.Microcomputer

Klasifikasi komputer yang kedua yaitu microcomputer yang khusus digunakan untuk satu user. Komputer ini lebih sering disebut dengan komputer desktop atau komputer pribadi. Klasifikasi komputer jenis ini sudah ternacang dengan sedemikian rupa sehingga mempu untuk memberikan interaksi bagi pengguna dengan maksimal. Komputer ini paling banyak diminati karena tergolong lebih praktis yang bisa di bawa kemanapun. Biasanya cocok untuk pekerjaan rumah dalam menjalankan aplikasi bisnis dirumah.

3.Minicomputer

Klasifikasi komputer yang ketiga yaitu minicomputer yang biasanya digunakan oleh multiuser pada saat bersamaan, atau dengan kelompok. Jadi komputer ini dapat digunakan secara bersama-sama sekaligus dengan beberapa pengguna. Komputer ini juga terbagi waktunya karena harus bergantian dari masing-masing pemakai. Pembagian waktu biasanya terhitung dalam satuan detik, tergantung dengan sistem yang mengelola. Dalam tugasnya pelayanan pada komputer ini hanya cenderung pada suatu proses. Contohnya yaitu komputer ibm as/400 yang cendering digunakan untuk pengguna dalam satu departemen di suatu perusahaan.

4.Engineering workstation

Klasifikasi komputer yang keempat yaitu engineering workstation yang biasanya masuk pada kategori komputer powerfull dibandingkan dengan komputer pribadi. Pada umumnya komputer ini digunakan oleh para pakar dan para ahli teknik untuk berhitung dalam menyelesaikan pekerjaannya. Aplikasi yang biasanya digunakan biasanya hanya cenderung fokus pada software yang melakukan banyak perhitungan. Salah satu aplikasi yang biasanya digunakan yaitu cad (computer aided design) untuk melakukan suatu perancangan gambar teknik.

5.mainframe

Klasifikasi komputer yang kelima yaitu mainframe, dahulu kala mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada di masa itu. Dengan komputer ini sudah dapat melayani banyak pengguna pada saat itu secara bersamaan. Hampir mirip dengan komputer minicomputer namun mainframe lebih besar bentuknya. Untuk harganya juga lebih mahal dibandingkan dnegan minicomputer. Komputer ini pada umunya digunakan untuk mengelola data dari suatu devisi yang besar dan memerlukan pengelolaan yang lebih berat.

6.Supercomputer

Klasifikasi komputer yang keenam yaitu supercomputer yang juga tergolong komputer powerfull. Aplikasi pada komputer ini juga memiliki sifat khusus yaitu bersifat ilmiah. Sehingga cenderung komputer ini digunakan sebagai alternatif untuk melakukan penelitian ilmiah. Terdapat beberapa prosedur sekaliguas pada komputer ini, sehingga mampu mempermudah pengguna untuk menyelesaikan tugasnya.