Macam-Macam Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Perkembangan Jaringan Computer

Mengenal Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Computer Software Ceo – Semakit pesatnya pertumbuhan Jaringan Komputer menjadikan lebih meningkat pula peran internet pada kehidupan saat ini. Manfaat Jaringan Komputer menyebabkan media informasi menjadi lebih cepat tersebar kepada masyarakat. Sejauh apapun jarak yang ditempuh pada saat ini Anda akan dapat menerima informasi terupdate dengan cepat. Anda tidak perlu lagi merasa khawatir karena modal yang harus Anda punya hanya internet.

Internet merupakan Jaringan Komputer yang sampai pada saat ini masih dimiliki dan digunakan oleh banyak orang untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Misalnya seperti Melakukan pekerjaan kantor, mengirim email, sebagai alat untuk berjualan online dan masih banyak lagi manfaatnya. Pembahasan pada kali ini Anda akan lebih mengenal tentang Jaringan Internet serta apa saja manfaat yang dapat digunakan.   

Pengertian dari Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari satu ataupun beberapa komputer yang terhubung dengan jaringan dengan tujuan untuk menerima dan memberikan layanan. Sehingga dengan adanya Jaringan komputer dapat memungkinkan Anda untuk bertukar komunikasi, dan saling berbagi satu sama lain. Jika tidak ada salah satu dari keduanya maka komunikasi tersebut tidak akan berlangsung.

Macam – Macam Jaringan Komputer dan Manfaat yang dapat digunakan

Jaringan Komputer memiliki banyak sekali manfaat bagi pengguna untuk kehidupan kita sehari – hari. Salah satu manfaatnya yaitu misalnya jaringan internet. Dengan jaringan internet ini kita dapat mengakses file ataupun dokumen yang kemudian ingin di sebar luaskan melalui media sosial. Dengan adanya Jaringan Komputer kita dapat mengirim file dengan mudah, cepat dan efisien tanpa harus terjun langsung ke tampat tujuan.

Berkat Jaringan Komputer ini bagi Anda yang sedang menjalin hubungan jarak jauh dapat dengan mudah bertukar kabar. Walaupun jarang yang ditempuh sangat jauh misalnya berada di negara yang berbeda masih dapat menjalin hubungan. Pengguna disini dapat memanfaatkan jaringan ini dengan mengirimkan foto bahkan melakukan vidio secara visual. Jadi dengan melakukan vidio call Anda akan melihat langsung, bertegur sapa dengan orang yang Anda hubungi hingga terasa benar-benar ada di hadapan Anda.

Kelompok dalam Jaringan Komputer

Jaringan komputer dikelompokkan menjadi lima bagian yaitu berdasarkan jangkauan geografis serpeti  Local Area Network (LAN). LAN merupakan suatu jaringan yang hanya dapat digunakan pada satu ruangan karena perkiraan luas areanya hanya 1 km persegi. Misalnya yang biasanya ada pada warnet, di ruangan kantor maupun di sekolah – sekolah. Teknologi yang digunakan LAN adalah IEEE 802.3 Ethernet dengan kecepatan sekitar 10, 100 – 1000 MB/s. Teknologi yang digunakan bisa juga dengan nirkabel seperti Wi-fi.

Ada juga Metropolitan Area Network (MAN). MAN merupakan jaringan yang memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi. Dapat dikatakan jaringan ini merupakan gabungan dari beberapa LAN yang dapat menempuh jarang sekitar 10 – 50 Km. MAN ini tidak memiliki elemen switching yang biasanya dirancang agar menjadi simple. Namun pada MAN terdapat satu atau dua kabel sebagai pengganti dari switching.

Wide Area Network (WAN)

Selain itu yang tergolong umum digunakan ada Wide Area Network (WAN). WAN merupakan jaringan yang lebih luas lagi jangkauannya daripada MAN. WAN bisa mencapai geografis di lokasi yang berbeda bahkan bisa ke sebuah negara lain. Berdasarkan Datanya Jaringan Komputer dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu Jaringan Terpusat dan Jaringan Terdistribusi.

Maksud dari jaringan terpusat yaitu Jaringan Komputer terdiri dari komputer client yang bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi. Dan ada juga Komputer  server yang berperan sebagai tempat untuk penyimpan data. Jaringan terpusat disini tidak dilengkapi dengan alat pemroses data. Hal ini biasanya dikenal dengan sebutan dump terminal (terminal bisu).  

Transmisi yang di gunakan Jaringan

Sedangkan Jaringan Komputer dan Manfaatnya terdistribusi merupakan hasil dari beberapa jaringan yang dapat membuat komputer server dan clien dapat terhubung satu sama lain. Jaringan Komputer juga dapat dibedakan berdasarkan media transmisi yang digunakannya. Yaitu berdasarkan media tranmisi jaringan berkabel (Wired Network ). Dan juga yang menggunakan media tranmisi Jaringan Nirkabel (wireless network).

Jaringan Berkabel (Wired Network) merupakan media data yang menggunakan kabel. Kebel ini yang akan digunakan sebagai penghubung dari satu komputer ke beberapa komputer lainnya. Setelah tergabung maka baru dapat digunakan untuk bertukar data maupun informasi. Namun perlu diingat bahwa hal ini pasti akan membutuhkan internet. Contoh dari media ini adalah kabel UTP.  

Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Sedangkan Jaringan Nirkabel (Wireless Network) merupakan gelombang elektromagnetik yang digunakan sebagai media penghubung juga. Namun pada Jaringan Nirkabel ini tidak perlu menggunakan kabel dalam menyambungkannya. Melainkan dengan gelombang elektromagnetik ini Anda sudah bisa bertukar informasi satu sama lain. Salah satu contoh media ini adalah Wireless adaptar.

Jaringan Komputer juga dapat dibedakan Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data. Misalnya dengan Jaringan Server dan beberapa Jaringan Client. Terdapat juga Jaringan Komputer yang dibedakan berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan. Contohnya yaitu Salah satu jenis topologi (tepologi bus). Tepologi ini juga merupakan jaringan penghubung komputer satu dengan yang lainnya.